Changelog
Tutorial
Troubleshooting

Pengaturan Pengguna (Admin Website)

Digunakan untuk mengedit, menambah, dan merubah hak akses user saat login ke Admin website. Misalnya ketika Anda membutuhkan lebih dari satu orang untuk mengurus website Anda, Anda juga dapat membuat multiple Admin yang akan memudahkan Anda dalam mengurus website. Anda juga dapat membatasi hak ases mereka dengan memilih akses apa saja yang diperbolehkan satu user dan mana yang tidak diperbolehkan oleh user lain.

  1. PENGGUNA - PENGGUNA (Digunakan untuk mengedit, menambah, dan merubah hak akses user baru yang akan login ke Admin website).

Masuk ke menu Sistem > Pengguna > Pengguna. Setelah itu akan muncul tampilan berikut, yaitu daftar user yang ada di website.

  • Klik tombol Add New untuk menambah User baru.

  • Klik ikon pensil pada salah satu user yang Anda pilih, untuk mengedit informasi / hak akses user tersebut, maka akan muncul tampilan berikut.

a. Nama Pengguna: user name yang akan digunakan untuk login ke admin website.

b. User Group: Hak akses yang diberikan untuk user tersebut. User group adalah hak akses yang telah ditentukan sebelumnya, dibuat agar Anda lebih mudah dalam menentukan hak akses suatu user.

c. First Name: Nama depan user yang akan tampil di dashborad admin website.

d. Last Name: Nama akhir user yang akan tampil di dashborad admin website.

e. E-Mail: Email Anda.

f. Gambar: image/foto yang akan tampil sebagai foto user di dashborad admin website.

g. Kata Sandi: password login ke admin website.

h. Konfirmasi: konfirmasi password login ke admin website.

i. Status: Pilih Diaktifkan jika Anda ingin user tersebut aktif, Pilih Dinonaktifkan jika tidak ingin mengaktifkan user tersebut.

2. PENGGUNA – API : Skip saja (Setting by Administrator).

3. PENGGUNA – GRUP PENGGUNA (Digunakan untuk menentukan hak akses user).

User Groups adalah sekumpulan hak ases yang dibuat menjadi group yang bertujuan agar Anda lebih mudah saat menentukan hak akases user baru. Sehingga Anda hanya tinggal menentukan User Groupsnya saja.

Masuk ke menu Sistem > Pengguna > Group Pengguna, Maka akan tampil daftar User Groups yang sudah ada.

Selanjutnya Anda dapat menambah User Groups baru dengan cara klik tombol + (Add New) atau Anda juga dapat mengedit hak akses user group yang sudah ada dengan klik Edit pada User Groups yang Anda pilih.

a. User Group Name: Nama User Groups yang ingin Anda buat.

b. Access Permission: Disini Anda menentukan bagian apa saja yang dapat di akses oleh user. Centang pada bagian yang Anda inginkan.

c. Modify Permission: Disini Anda menentukan bagian apa saja yang dapat dimodifikasi oleh user. Centang pada bagian yang Anda inginkan.

Jangan lupa klik ikon Simpan jika sudah mengupdate itu semua.