Batas Pengiriman Email pada GSuite

Batas pengiriman dapat berubah tanpa pemberitahuan. Batas per hari berlaku untuk periode 24 jam berjalan, bukan ditetapkan berdasarkan waktu tertentu dalam sehari.

Catatan: Batas pengiriman dapat berbeda jika organisasi Anda menggunakan layanan relai SMTP untuk merutekan email keluar melalui Google. Batas pengiriman untuk layanan relai SMTP bisa lihat di link berikut.

*Berlaku untuk penerima internal & eksternal

Hal yang juga dihitung terhadap batas pengguna

  • Email yang dikirim dari alamat alternatif pengguna atau alias.

  • Email yang dikirim asisten atas nama Anda (jika Anda mendelegasikan email ke asisten).

  • Email yang dikirim dari penjawab kala libur Gmail.

Jika pengguna Anda melebihi batas pengiriman email G Suite, pesan kesalahan akan muncul, seperti:

  • Anda telah mencapai batas pengiriman email.

  • Anda mencapai batas pengiriman Gmail.

  • Anda melampaui jumlah penerima maksimum.

Setelah mencapai salah satu dari batas ini, pengguna tidak dapat mengirim pesan baru selama 24 jam. Namun, mereka masih dapat mengakses akun G Suite dan menerima email masuk. Pengguna juga dapat mengakses layanan Google lain. Setelah masa penangguhan ini, batas pengiriman secara otomatis disetel ulang dan pengguna dapat kembali mengirim email.

Batas pengiriman Gmail untuk perangkat seluler

Jika Anda menggunakan aplikasi Gmail untuk seluler dalam mode Google Sync, batas pengiriman yang sama akan berlaku seperti ketika Anda menggunakan Gmail di browser web (dijelaskan dalam tabel di atas).

Jika Anda menggunakan aplikasi Gmail untuk seluler dalam mode IMAP, batas pengiriman IMAP (dijelaskan dalam tabel di atas) berlaku.

Memulihkan akun Gmail yang ditangguhkan

Administrator G Suite dapat memeriksa bagian Pengguna di konsol Google Admin untuk menemukan detail tentang batas yang telah dicapai. Dalam beberapa kasus, administrator dapat mengambil tindakan untuk memulihkan akses. Untuk petunjuknya, lihat Memulihkan akun Gmail yang ditangguhkan.

Akun yang terdeteksi mengirim spam dapat dibatasi untuk mengirim email secara permanen. Lihat Kebijakan spam dan penyalahgunaan Google.

Meningkatkan batas dengan mengakhiri uji coba gratis Anda

Beberapa batasan diterapkan khusus untuk akun uji coba. Di akhir masa uji coba gratis, batas tersebut akan ditingkatkan secara otomatis saat domain Anda ditagih secara kumulatif minimal sebesar USD 30 (atau jumlah yang sama dalam mata uang Anda). Jika Anda membeli domain dari Google, jumlah yang dibutuhkan untuk meningkatkan batas pengiriman adalah USD 30 ditambah biaya domain Anda.

Jika ingin segera meningkatkan batas, Anda dapat mengakhiri uji coba gratis dan membayar jumlah tersebut sekarang. Untuk petunjuknya, lihat Melakukan pembayaran manual. Diperlukan waktu hingga 48 jam untuk meningkatkan batas setelah Anda mengirimkan pembayaran.

Penting: saat Anda masih berada dalam masa uji coba, batas pengiriman tidak akan ditingkatkan.

Saran untuk mengirim email massal

Berikut adalah beberapa cara agar tidak melebihi batas saat mengirim sejumlah besar email, seperti untuk kampanye pemasaran:

  • Sebarkan komunikasi massal selama 2 hari—Kirim pesan ke satu grup penerima, tunggu 24 jam, lalu kirim ke grup lain.

  • Kirim email ke alamat grup—Kirim email ke banyak alamat email menggunakan alamat grup tunggal. Misalnya, hubungi semua pengguna di organisasi dengan menambahkan setiap orang dalam domain ke daftar email. Untuk detail lebih lanjut, lihat Grup dan Kebijakan dan batas grup.

  • Gunakan solusi Marketplace—Banyak pengembang pihak ketiga menawarkan aplikasi untuk pengiriman email massal. Buka G Suite Marketplace untuk mendapatkan berbagai ide. Catatan: Google tidak menawarkan dukungan teknis untuk aplikasi Marketplace. Solusi Marketplace dibuat oleh pengembang pihak ke-3 untuk pemirsa umum.

  • Buat solusi App Engine—Pengembang dapat meningkatkan batas email dengan membentuk aplikasi yang disesuaikan. Lihat App Engine untuk email.

  • Gunakan server email lokal—Jika Anda memiliki server email lokal, gunakan server tersebut untuk mengirimkan email secara langsung ke penerima guna menghindari batas pengiriman. Server lokal ini juga harus ditambahkan ke data SPF agar pesan tidak ditandai sebagai spam.

  • Tinjau panduan pengiriman massal dan praktik terbaik—Beberapa penerima email mungkin melaporkan pesan massal sebagai spam. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa semua penerima bersedia menerima email tersebut. Anda juga dapat memeriksa setelan email untuk melihat aturan atau filter penerusan yang tidak dikonfigurasi dengan benar. Untuk detailnya, lihat panduan dan praktik terbaik pengiriman massal kami.