Changelog
Tutorial
Troubleshooting

Fitur Export - Import

Ketika Anda mengupload produk pada website, secara umum Anda dapat menguploadnya secara satu-persatu. Namun jika produk Anda sudah mencapai ratusan bahkan ribuan, untuk melakukan upload produk satu-persatu tentu akan menghabiskan waktu yang sangat lama. Untuk itu agar lebih mudah dalam melakukan upload produk, Anda dapat memanfaatkan fitur export/import yang ada di dalam website.

Berikut adalah beberapa fungsi dan manfaat yang dapat Anda gunakan kedepan:

  • Melakukan Export data website Anda berupa data kategori, produk, opsi, atribut, filter dan customer.

  • Mengedit, update dan menambahkan ulang data-data baru dari hasil export tersebut yang kemudian dapat Anda import kembali kedalam website, sehingga dengan demikian Anda dapat melakukan upload/mengupdate produk yang jumlahnya ratusan - ribuan produk hanya dengan satu kali klik. (import,export,add,delete,update).

  • Opsi export data berdasarkan id produk atau per batch (jumlah data).

Persiapan sebelum upload produk dengan fitur export/import:

1. Sebelum menggunakan fitur export/import disarankan Anda untuk mengupload produk secara manual terlebih dahulu sebanyak 2 atau 3 produk. Hal ini dilakukan agar Anda mengetahui kegunaan, fungsi, opsi, fitur dan keterangan lainnya tentang upload produk secara Umum dari form excel yang ada. (Syarat Dasar).

2. Anda sudah membuat dan menentukan kategori produk untuk produk yang akan Anda upload.

Setelah syarat diatas terpenuhi, Anda dapat menggunakan fitur export/import untuk mengupload produk, dengan cara sebagai berikut:

1. Masuk ke menu Sistem > Peralatan > Export/Import.

2. Lakukan Export data terlebih dahulu agar Anda mendapatkan format excel yang akan Anda lanjutkan untuk mengisi data produk selanjutnya. Lakukan export seperti pada petunjuk gambar di bawah ini.

Pilih Tab Export > Kemudian select jenis Export > pilih Product > selanjutnya pada bagian bawah pilih By id range.

Selanjutnya klik tombol Export, maka dengan otomatis akan mendownload format data berbentuk file excel pada website Anda.

3. Buka file excel tersebut dan lanjutkan dalam pengisiannya berdasarkan rencana produk yang akan Anda tambahkan ke dalam website.

Berikut adalah contoh dari hasil export untuk demo website Vanesa Vintage.

Lanjutkan dengan mengisi produk data pada 9 Tabs pada detil yang dilingkari merah di atas.

**Catatan: Anda tidak wajib untuk mengisi seluruh 9 Tabs data yang ada, namun Tabs tersebut diisi hanya berdasarkan kebutuhan Anda saja, yaitu pada bagian fitur mana yang ingin Anda gunakan untuk produk yang sedang Anda jual/upload. Setelah Anda selesai mengedit kemudian simpan kembali format excel tersebut.

4. Kemudian lakukan import data ketika Anda selesai mengisi pada format excel sebelumnya.

Lakukan import seperti pada gambar di atas, pada Use incremental import pilih “Yes (Update and/or add data)”. Kemudian pilih Choose File untuk mengupload format excel yang Anda update sebelumnya.

5. Setelah memilih format excel, kemudian klik Import. Maka dengan otomatis seluruh deskripsi produk/produk baru yang Anda update pada format excel akan di upload pada website.

**Catatan: Apabila terdapat error warning setelah mengupload, itu karena ada bagian dari form excel yang Anda salah dalam mengisinya. Silahkan cek kembali dengan teliti form excel yang Anda isi sebelumnya.

Untuk memastikan pada bagian mana yang salah isi, Anda dapat mengeceknya dengan melihat keterangan pada detail log error. Untuk melihatnya silahkan masuk ke menu Sistem > Peralatan > Log Error. Biasanya akan muncul keterangan pada bagian tab form excel mana yang Anda salah isi.