Changelog
Tutorial
Troubleshooting

Menentukan Kategori Produk

Sebelum melakukan upload produk Anda diharuskan membuat kategori terlebih dahulu, kategori ini akan digunakan untuk menentukan kategori dalam produk, sehingga pada saat upload produk,Anda tidak mengalami kesulitan dalam pengelompokan kategori.

Kategori terdiri dari Induk kategori dan Anak kategori (submenu). Contohnya seperti bentuk menu dropdown yang memanjang kebawah atau kesamping.

Untuk membuat Katalog, akses ke menu Katalog > Kategori.

Berikut adalah beberapa contoh kategori yang telah dibuat.

  • Gambar No.1: Fashion Pria, pada kategori bagian ini dinamakan Induk Kategori Utama.

  • Gambar No.2: Fashion Pria > Baju Atasan, Baju Atasan dinamakan anak kategori atau biasa disebut Submenu. (Simbol ‘ > ’ mengartikan submenu Baju Atasan berada di bawah Induk kategori di atasnya. Sehingga Induk Kategori Baju Atasan adalah Fashion Pria).

Begitu juga untuk di bawahnya Fashion Pria > Baju Atasan > Kaos, Kaos dinamakan juga dengan Submenu. Sehingga induk kategori Kaos adalah Fashion Pria > Baju Atasan. (**Catatan: Untuk induk kategori kaos tsb dapat dinamakan Induk Kategori Submenu).

Demikian seterusnya ketika menambah 1 dropdown Submenu baru lagi dibawahnya, otomatis Submenu di atasnya akan menjadi induk kategori produk di bawahnya.

  • Gambar No.3: Untuk menambah Induk Kategori atau Submenu, silahkan klik tombol Add New.

Setelah Anda klik Add New, maka akan tampil page seperti gambar dibawah. Page tersebut dapat digunakan untuk membuat Induk Kategori Utama, Induk kategori atau Submenu.

a. Pada Tab General, terdapat beberapa kolom, penjelasannya sbb:

  • Nama Kategori : Isi dengan nama Kategori Anda.

  • Deskripsi : Keterangan pada deskripsi yang akan mendeskripsikan kategori pada page katogori, Deskripsi tersebut akan dilihat oleh Customer pada halaman depan website.

  • Judul Tag Meta : Judul meta tag.

  • Deskripsi Tag Meta : Ringkasan kategori yang dibuat untuk mendiskripsikan page kategori Ke Search Engine.

b. Pada Tab Data, terdapat beberapa kolom, penjelasannya sbb:

  • Induk : Biarkan kolom tersebut menjadi kosong (jika Anda ingin membuat Ketegori yang sedang dibuat menjadi induk kategori kategori utama), atau silahkan pilih Induk kategori yang telah dibuat sebelumnya yaitu jika ingin kategori yang sedang dibuat dihubungkan dengan induk kategori di atasnya.

**Catatan dan Tips : Pada kolom tersebut, induk kategori dan submenu akan muncul dengan auto complete, sehingga untuk memunculkan induk kategori/ submenu yang Anda buat sebelumnya dengan cara mengetikan nama kategori yang akan Anda pilih. Contoh untuk memunculkan Fashion Pria > Baju Atasan > Kaos, maka cukup ketik “kaos” pada kolom tersebut. Dengan otomatis pilihan kategori tersebut akan muncul.

  • Filter : Kata kunci filter yang Anda gunakan untuk pencarian produk atau kategori di dalam admin.

  • Toko : Pada kolom toko beri centang untuk standar.

  • Kata Kunci SEO : tuliskan kata kunci SEO Anda, jangan menggunakan spasi atau tanda numerik lainnya, untuk menggabungkan antar kata, Anda cukup mengetikan tanda strip di antara tiap kata. Contoh: sepatu-adidas-putih

  • Gambar: upload gambar yang akan Anda gunakan untuk mewakili gambar kategori yang sedang Anda buat.

  • Atas: Jika yang sedang Anda buat untuk Induk kategori, maka beri centang pada kolom Atas. Agar menu tersebut tampil pada Main Menu website yaitu menu utama pada halaman pertama website.

  • Kolom: Adalah jumlah berapa maksimal Submenu kategori yang dapat menempel pada Induk kategori yang sedang Anda buat.

  • Urutan: Untuk memberi pengurutan nomor pada Induk Kategori atau Subkategori agar urutan tiap menu sesuai dengan yang Anda inginkan.

  • Status: Pilih Diaktifkan jika Anda ingin mengaktifkan atau menampilkan ke halaman depan website untuk kategori yang sedang Anda buat.

c. Tab Desain :

Penimpaan tata letak: Untuk menentukan letak kategori yang Anda buat, apakah akan tampil pada Home, Checkout, Akun, dll. Jika pilih Home maka kategori tersebut muncul pada Halaman pertama website.

Jika sudah semua, klik ikon Simpan.