Changelog
Tutorial
Troubleshooting

Fitur Kupon

[ Fitur Kupon sudah ada otomatis jika Anda memilih paket Advance ]

Kupon adalah fitur pemasaran (marketing) yang dapat digunakan untuk menarik pelanggan dan calon pelanggan. Dengan kupon, Anda dapat memberikan potongan harga kepada pelanggan, potongan harga dapat berupa persentase dari total belanja, atau potongan harga tetap yang sudah ditentukan nilainya, Anda juga dapat membuat Kupon untuk bebas biaya pengiriman dengan fitur free shipping.

Untuk membuatnya, ikuti cara dibawah:

  1. Masuk ke menu Pemasaran > Kupon > klik + (Add New).

2. Selanjutnya masukkan data pada kolom kupon tersebut.

a. Coupon Name: masukkan nama kupon Anda, misalnya discount 17 Agustus.

b. Kode: masukkan kode yang akan digunakan sebagai Kode kupon.

c. Jenis: ada 2 jenis kupon yang dapat Anda pilih.

  • Persentase: digunakan untuk membuat jumlah kupon berdasarkan potongan dari persentase total belanja Anda.

  • Jumlah tetap: digunakan jika ingin membuat kupon yang nilainya sudah ditentukan. Misal potongan Rp50.000, Rp100.000, Rp150.000 dst.

d. Discount: jumlah discount yang Anda inginkan.

Catatan: Saat memilih jenis Persentase, maka tuliskan jumlah persentase pada kolom discount, tidak perlu dengan tanda persen (%), dan tidak perlu memasukan tanda titik atau koma, cukup menuliskan angka saja. Selanjunya jika Anda memilih Jumlah Tetap, maka cukup menuliskan jumlah angkanya saja misal 50000, dan tidak boleh memasukan tanda Rupiah(Rp), titik, koma ataupun tanda lainnya.

e. Total Amount: Minimal total pembelanjaan Customer agar dapat menggunakan kupon tersebut. Di kolom ini, Anda cukup menuliskan angkanya saja misal 30000 atau 50000.

f. Customer Login: pilih “Ya” jika customer diwajibkan untuk login di website Anda sebelum menggunakan kupon.

g. Free Shipping: pilih “Ya” jika ingin menambahkan/mengaktifkan fitur bebas biaya kirim untuk customer saat menggunakan kupon tersebut.

h. Produk: masukkan produk-produk yang telah Anda tentukan agar bisa menggunakan kupon tersebut. Atau biarkan saja kolom tersebut kosong jika Anda ingin seluruh produk dalam website Anda bisa menggunakan kupon tersebut.

i. Category: masukan kategori yang telah Anda tentukan untuk menggunakan kupon tersebut. Atau kosongkan jika Anda ingin seluruh kategori dalam website Anda dapat menggunakan kupon tersebut.

j. Tanggal Mulai: tentukan tanggal mulai kupon tersebut aktif.

k. Tanggal Akhir: tentukan tanggal berakhirnya kupon tersebut.

l. Uses Per Coupon: adalah berapa kali kupon tersebut bisa digunakan oleh customer. Kosongkan jika Anda ingin setting menjadi tak terbatas.

m. Uses Per Customer: adalah jumlah berapa kali kupon tersebut dapat digunakan oleh satu customer yang sama. Kosongkan jika Anda ingin setting menjadi tak terbatas.

n. Status: pilih Diaktifkan. (Anda bisa set Status menjadi Dinonaktifkan jika Vouchernya sudah tidak berlaku lagi).

3. Jika sudah, klik ikon Simpan.